Cara daftar program Haji Plus 2023/2024

Bagaimana cara mendaftar program haji plus agar bisa cepat berangkat tahun 2023/2024, apakah berbeda dengan mekanisme pendaftaran haji reguler?

Ternyata, tidak banyak perbedaan antara daftar haji tambahan dan daftar haji reguler, karena masih dalam pengawasan Kementerian Agama RI.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perbedaannya terletak pada lamanya masa tunggu serta fasilitas dan pelayanan bagi jemaah haji. Untuk mendaftar sebagai calon haji, Anda perlu menyiapkan dokumen persyaratan terlebih dahulu.

Berkas yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut. Formulir pendaftaran haji dari travel haji plus yang bersangkutan. Fotokopi kartu keluarga, surat nikah dan KTP yang masih berlaku. Siapkan masing-masing empat lembar kertas.

Selanjutnya, Anda juga membutuhkan paspor. Bagi yang belum memiliki bisa meminta bantuan kepada biro perjalanan haji dan umrah, dan biasanya mereka juga memberikan bantuan kepada jamaah dalam pembuatan paspor.

Selain paspor, Anda membutuhkan 35 lembar pas foto terbaru ukuran 3 x 4 cm dan 10 lembar ukuran 4 x 6 cm. Anda dapat meminta foto paspor kepada agen perjalanan.

Setelah melengkapi semua dokumen yang diperlukan, Anda dapat menyerahkannya ke agen perjalanan sambil melakukan pembayaran uang muka. Nominal uang muka dapat bervariasi. Umumnya hingga 5000 USD sesuai dengan nilai tukar rupee yang berlaku. Ketika dokumen dan uang muka sampai ke agen perjalanan, Anda akan diberikan nomor bagian haji.

Setelah melengkapi berkas persyaratan haji plus, kita akan pelajari cara daftar haji plus agar cepat berangkat tahun 2023/2024. Lihat panduannya!

1. Pembukaan tabungan haji

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar Haji Plus atau Reguler adalah membuka rekening tabungan haji. Ketentuan ini menjadi wadah penyaluran dana dari jemaah haji untuk pemberangkatan nanti.

Anda tidak dapat menggunakan semua bank. Hanya beberapa bank yang bekerja sama dengan pemerintah terkait simpanan jemaah. Diantaranya adalah Bank BNI, Bank BRI, Mandiri, BTN, CIMB, Bank Mega Syariah dan masih banyak nama perbankan lainnya.

Tata cara pembuatan rekening tabungan haji tidak jauh berbeda dengan tata cara pembukaan rekening tabungan pada umumnya. Anda hanya perlu membawa KTP dan sejumlah uang tunai sebagai biaya pendaftaran haji sekaligus keberangkatan. Berapa Nominal Biaya Haji Plus?

Setiap perjalanan memiliki ketentuan yang berbeda mengenai total biaya keberangkatan. Untuk jamaah reguler, setoran awal biasanya Rs. 25 juta.

2. Tanda tangani surat pernyataan

Setelah menyelesaikan rekening tabungan, Anda akan menandatangani pernyataan persyaratan haji. Bagi jemaah haji reguler, dikeluarkan surat keterangan dari Kementerian Agama. Untuk haji plus, surat keterangannya mungkin sedikit berbeda, karena tergantung kebijakan travel agent.

3. Setor uang ke travel perjalanan

Cara daftar haji plus agar cepat berangkat 2021/2022 mendatang adalah dengan menyetor uang ke pihak travel. Karena Anda tidak langsung di bawah Kemenag, maka setoran awal tidak akan langsung masuk ke rekening Kemenag.

melainkan ke nomor rekening agen atau biro perjalanan yang bertanggung jawab mengurus keberangkatan Anda nanti. Setelah agen perjalanan menerima sejumlah uang dari para jamaah, ia akan menyetorkan uang tersebut ke Kementerian Agama untuk mendapatkan nomor antrian.

4. Kuitansi bukti setoran awal

Jika uang berhasil disetorkan ke Kementerian Agama, Anda akan diberikan secarik kertas berisi bukti setoran awal. Staf perjalanan akan mengurus penerbitan nomor verifikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Tugas Anda selanjutnya adalah mengingat nomor ini dengan cermat.

5. Penyerahan berkas

Setelah menyelesaikan semua prosedur di atas, marilah kita mengunjungi travel agent tersebut sambil membawa dokumen persyaratan sesuai ketentuan. Dengan demikian, proses pendaftaran program Haji Plus Anda telah selesai.

Selanjutnya silahkan membayar nominal biaya keberangkatan sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan pihak yang terlibat dalam perjalanan tersebut. Jangka waktu pembayaran biasanya tergantung pada kebijakan travel. berkisar antara 4 sampai 6 bulan.

Terus terang, masalah memilih travel haji plus terpercaya menjadi perhatian terbesar jemaah. Karena sudah banyak tercatat kasus penipuan agen haji dan umrah.Agar kita semua terhindar dari bahaya dan ancaman tersebut, mengetahui ciri-ciri atau tips memilih travel agent sangatlah penting.

Posts created 147

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas