MANFAAT YOGA YANG DIDUKUNG OLEH ILMU PENGETAHUAN

Berasal dari kata Sansekerta ‘yuji’, yang penyatuan, yoga adalah praktik kuno yang menggabungkan pikiran dan tubuh. Latihan yoga mencakup latihan pernapasan, meditasi, dan postur tubuh yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres.

Mempraktekkan yoga secara teratur dikatakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Berikut adalah beberapa manfaat yoga yang didukung oleh fakta ilmu pengetahuan.

Bisa mengurangi stres – Yoga dikenal dapat mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi. Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi kortisol yang merupakan hormon penyebab stress. Di mana wanita yang mengalami stress dan telah mempraktekkan yoga selama 3 bulan mengalami penurunan kortisol yang signifikan. Mereka juga memiliki tingkat stres, tanda kecemasan dan kelelahan serta depresi yang lebih rendah.

Meredakan kecemasan – Banyak orang yang secara khusus mulai berlatih yoga untuk mengatasi perasaan cemas. Menariknya, ada sejumlah besar penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu manfaat yoga adalah membantu mengurangi kecemasan. Dalam sebuah penelitian, wanita dengan gangguan kecemasan yang berpartisipasi dalam kelas yoga dua kali seminggu selama dua bulan memiliki tingkat kecemasan yang jauh lebih rendah.

Mengurangi peradangan – Selain meningkatkan kesehatan mental Anda, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga juga dapat mengurangi peradangan. Peradangan adalah respons kekebalan yang normal, tetapi peradangan kronis dapat memperparah perkembangan penyakit seperti jantung, diabetes, dan kanker. Sebuah studi pada tahun 2015 melakukan penelitian kepada orang-orang yang melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan aktifitas fisik yang besar. Pada akhir penelitian, individu yang berlatih yoga memiliki tingkat inflamasi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan yoga.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung – Dari memompa darah ke seluruh tubuh hingga memasok jaringan dengan nutrisi penting, jantung memang memiliki peran yang sangat vital bagi tubuh kita. Jadi tidak heran jika kesehatan jantung Anda merupakan hal yang penting untuk kesehatan seluruh tubuh anda. Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi banyak faktor yang dapat menjadi risiko penyakit jantung. Sebuah studi menemukan bahwa orang berusia di atas 40 tahun yang berlatih yoga selama lima tahun memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak berlatih yoga. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama masalah jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Menurunkan tekanan darah dapat membantu mengurangi risiko masalah ini.

Meningkatkan kualitas hidup – Yoga menjadi semakin populer sebagai terapi tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup banyak orang. Dalam satu penelitian, 135 lansia dibagi dalam kelompok yang melakukan yoga, kelompok berjalan kaki, dan kelompok yang tidak melakukan apa-apa selama enam bulan. Kelompok yang mengikuti latihan yoga secara signifikan meningkatkan kualitas hidup, serta suasana hati dan mengurangi kelelahan, dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Posts created 118

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas