Potensi belajar bahasa pemrograman

Hampir segala sesuatunya saat ini terkait dengan teknologi komputer. Mulai dari software hingga internet semuanya menggunakan sistem bahasa pemrograman. Jadi gerakannya potensi dari penggunaan bahasa pemrograman ini akan semakin besar.

Hal inilah yang membuat ada banyak sekali orang yang belajar bahasa pemrograman karena mereka melihat bahwa ada banyak sekali hal yang bisa dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Seseorang yang menguasai bahasa pemrograman bisa membuat sebuah operating system, software, dan aplikasi smartphone.

Akan ada potensi komersil luarbiasa yang menyusul jika seseorang bisa mengembangkan sebuah software atau sebuah aplikasi yang disukai oleh banyak orang. Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang orang terkaya di dunia saat ini adalah programmer.

Kita bisa melihat bill gates dan mark zuckerberg sebagai contoh dari 2 orang programmer yang sangat sukses mengembangkan operating system dan juga aplikasi. Jika anda saat ini adalah seorang pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman maka mungkin anda merasa bingung harus memulai dari mana proses pembelajaran anda.

Sebenarnya anda harus mempelajari bahasa pemrograman yang sesuai dengan tujuan anda melakukan coding. Jika anda melakukan coding untuk membuat sebuah website maka anda cukup mempelajari bahasa pemrograman seperti html, css, javascript, php dan sql.

Dari sini anda bisa melihat bahwa untuk menjadi seorang web developer anda perlu menguasai setidaknya 5 bahasa pemrograman. Kelima bahasa pemrograman ini akan membantu anda untuk mengembangkan sebuah website yang bisa berinteraksi dengan pengunjung.

Interaksi ini bisa bervariasi di mana ada yang real-time dan ada yang tidak real time. Mungkin anda pernah terpikir untuk belajar bahasa pemrograman secara otodidak karena anda melihat di youtube dan di website-website ada banyak sekali materi pelajaran programming.

Pada dasarnya seseorang memang bisa belajar bahasa pemrograman secara otodidak, namun seperti pelajaran yang lainnya orang-orang yang belajar secara otodidak biasanya akan memerlukan waktu yang lebih lama karena mereka harus melakukan kesalahan dan memperbaiki sendiri kesalahan itu.

Jika anda ingin cepat menguasai bahasa pemrograman maka sebaiknya anda mengambil kursus programming. Dengan mengambil kursus bahasa pemrograman maka anda akan mendapatkan bantuan dari mentor yang sudah profesional sehingga anda tidak perlu membuang waktu anda melakukan berbagai kesalahan. Apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula?

Seorang pemula seringkali berusaha membuat program dengan mengambil program yang sudah jadi. Lalu mereka mempelajari berbagai ilmu untuk membuat program yang sudah jadi itu. Tapi mereka tidak mempelajari dasarnya secara utuh sehingga pada saat mereka diperhadapkan dengan kasus program yang lain mereka kembali harus belajar.

Jadi ini yang yang jadi masalah jika seseorang melakukan pembelajaran secara otodidak. Selain itu jika anda mempelajari bahasa pemrograman ini secara otodidak maka anda tidak akan mendapatkan bantuan jika anda mengalami kesulitan. Anda mungkin harus berhenti atau mentok di satu.

Selama berhari-hari karena tidak bisa menemukan pemecahan untuk masalah yang anda hadapi. Berbeda jika anda menggunakan bantuan kursus bahasa pemrograman yang dipandu oleh seorang mentor. Mentor bisa membantu anda untuk memecahkan masalah masalah yang anda hadapi, tapi tentunya anda harus terlebih dahulu berusaha memecahkan sendiri kasus-kasus tersebut selama beberapa menit.

Jika anda tidak bersama memecahkan kasus-kasus yang anda hadapi secara mandiri maka anda tidak akan membantu kemampuan berpikir pada saat anda mempelajari kursus bahasa pemrograman.

Posts created 57

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas