Kurangnya Pengawasan Madu Asli Di Peredaran

Madu merupakan salah satu produk yang bisa dengan mudah di perjual belikan di pasaran. Dan tidak dapat dipungkiri, untuk mendapatkan madu asli yang benar-benar asli alami dan dibuat oleh lebah secara alami saat ini sangatlah sulit.

Jika kita melihat di berbagai marketplace besar seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain, maka akan kita temukan madu yang katanya “asli” yang dibanderol dengan harga yang sangat murah bahkan mulai dari 30 ribuan per kilo gram.

Entah asli atau palsu tidak bisa dibuktikan sebelum tes uji laboratorium, akan tetapi faktanya madu tersebut laku dan laris manis penjualannya dan bahkan seller atau penjualnya banjir testimoni dan review rating bintang 5 yang berarti pembeli puas akan produk tersebut.

Coba anda bayangkan sebuah madu asli yang katanya hasil dari lebah hutan tapi dibanderol dengan harga 30 ribuan per kilo, apakah hal tersebut masuk akal.

pengawasan madu asli di pasaran
image source: shopee.co.id

Untuk madu lebah ternak yang dibanderol per kilo 30 ribuan saja sudah tidak masuk akal padahal proses budidayanya jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan madu hutan.

Apalagi ini madu hutan yang harus dipanen dari pohon-pohon raksasa yang tinggi ditengah-tengah hutan belantara yang sangat beresiko ketika sedang mengambilnya (proses pemanenan madu hutan), sungguh ini tidaklah masuk akal.

Tapi apa mau dikata, hal tersebut saat ini sudah menjadi salah satu fakta yang nyata tentang madu asli di dunia, khususnya di negara Indonesia tercinta.

Madu palsu sebenarnya sudah menjadi isu sejak dulu diseluruh dunia, dan bahkan sudah banyak kasus-kasus oknum pembuat madu palsu yang terbongkar dan diamankan Polisi.

Dari mulai yang perorangan, hingga kelompok besar yang bahkan bisa mendapatkan omzet miliaran rupiah per bulan.

Akan tetapi hal tersebut seolah tidak membuat kapok para pelaku pembuat madu palsu karena kemungkinan ketahuannya sangatlah kecil, sedangkan pangsa pasar tempat dimana madu palsu tersebut bisa edarkan sangatlah luas dan mudah untuk dilakukan.

Marketplace, ya, marketplace merupakan salah satu tempat favorit yang nyaman dan aman yang digunakan untuk mengedarkan madu-madu palsu oplosan buatan mereka karena lemah dan bahkan tidak adanya pengawasan dari pemerintah.

Setiap orang bisa membuat dan berjualan madu di marketplace, tanpa harus ada yang tahu proses mendapatkan dan asal-asal usul madu itu.

Madu tidaklah seperti sebuah susu, yang akan cepat basi ketika dikemas tanpa di sterilkan terlebih dulu. Madu, memang banyak orang yang tahu, tapi tak banyak orang yang paham yang mana madu asli dan yang mana madu palsu.

Kesimpulan:

Madu adalah salah satu produk yang paling susah di bedakan dengan mata telanjang tidak seperti kebanyakan produk yang bisa dibedakan dengan mudah dan dikenali dari bentuk, rasa, dan aromanya.

Dan karena hal inilah yang membuat madu kemudian menjadi lebih mudah di oplos dan dipalsukan oleh pihak-pihak nakal yang tidak bertanggung jawab.

Tips membeli madu:

Membelinya langsung pada tempat budidaya lebah, membeli pada merk yang sudah terpercaya, madu memiliki asal-asul dan sumber yang jelas, serta alamat penjual yang jelas.

 

 

 

Posts created 119

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas