PENGARUH REVIEW PRODUK TERHADAP KONSUMEN

Review produk merupakan salah satu metode pemasaran yang saat ini banyak digunakan oleh para pemasar untuk memperkenalkan produknya. Untuk membuat review produk yang berkualitas, biasanya para pemasar menggunakan jasa review produk.

Jasa review produk adalah jasa yang melayani pembuatan artikel review produk secara professional yang akan dipublikasikan secara online. Jika Anda bertanya-tanya seberapa besar pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian, sehingga para pemasar perlu menggunakan jasa review produk, maka perhatikan penjelasan berikut:

Berdasarkan penelitian, konsumen tidak hanya ingin melihat review tentang suatu produk atau jasa, tetapi konsumen juga ingin mencari detail seluk beluk dalam review suatu produk. Konsumen tertarik untuk mempelajari tentang pengalaman dan masalah yang dialami dalam review tersebut, cara pemasar menanggapi keluhan, dan konsensus tentang apakah produk atau layanan tersebut sesuai dengan klaim yang ditawarkan atau tidak, dan sebagainya.

Faktanya, data menunjukkan 97% orang yang disurvey mengatakan review produk menjadi faktor dalam keputusan pembelian mereka. 92% konsumen ragu-ragu untuk melakukan pembelian saat tidak ada ulasan pelanggan, dan 94% konsumen membaca ulasan saat tersedia.

Jadi berdasarkan fakta di atas, maka sudah jelas bahwa review produk memang memegang peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Tidak heran banyak pemasar yang menggunakan jasa review produk untuk mendapatkan review produk yang berkualitas.

Tapi bagaimana sebenarnya review produk memengaruhi keputusan pembelian? Berikut statistiknya:
1. 88% pelanggan mempercayai ulasan online layaknya rekomendasi pribadi. Promosi dari mulut ke mulut secara konsisten menjadi pertimbangan penting dalam hal kredibilitas bisnis. Namun, dengan aksesibilitas internet yang meluas saat ini, review produk sekarang memiliki kredibilitas yang sama dengan rekomendasi pribadi dari seseorang yang Anda kenal. Hal penting yang harus diingat di sini adalah konsumen akan memercayai review yang berkualitas tinggi dan asli. Jika tampak seperti spam atau berbayar, kemungkinan akan berdampak sebaliknya dan membuat pelanggan tidak tertarik.
2. Review produk dapat menghasilkan peningkatan penjualan kurang lebih sebesar 18%. Pelanggan lebih cenderung membeli dari produk yang memiliki review daripada produk yang tidak memiliki review. Menampilkan review produk secara online akan membuat calon pelanggan lebih yakin akan keputusan pembelian mereka dan mengurangi keraguan. Hal ini akan mengarah ke rasio konversi penjualan yang lebih tinggi. Ini juga dapat membantu memperkuat kredibilitas dan keandalan merek Anda. Semua ini menghasilkan lebih banyak penjualan yang berasal dari review produk.
3. 86% orang ragu untuk berbisnis dengan perusahaan jika memiliki banyak ulasan yang negatif. Ulasan yang tidak menyenangkan berdampak negatif pada bisnis Anda. Ulasan yang buruk mencerminkan kualitas dan keandalan produk atau layanan yang buruk. Namun, kurangnya ulasan negatif pada halaman produk atau layanan akan mengurangi kredibilitasnya juga. Jika semua ulasan bersifat positif maka akan membuatnya tampak seperti tidak asli, sedangkan beberapa ulasan negatif sebenarnya dapat menekankan bahwa Anda adalah bisnis nyata. Jadi tidak perlu khawatir dengan review negative, selama masih berada dalam jumlah yang wajar.

Posts created 54

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas