Referensi Website Biografi Ulama

Referensi Website Biografi Ulama

Ulama’ adalah rujukan umat Islam dalam menghadapi permasalahan mereka, terkhusus masalah yang berkaitan dengan ibadah.

Merekalah orang yang mampu memahami maksud dari sumber hukum Islam yang premier yaitu Al Quran dan Hadits.

Ulama’ lah yang banyak menyiburkkan diri mereka dengan dalil-dalil itu di sepanjang harinya. Memfokuskan diri untuk mendalami maksud dari Al Quran Sunnah.

Bahkan diantara hamba Allah, ulama’ lah orang yang paling takut kepada Allah swt.

Maka, sebagai orang awwam layaknya kita menghormati mereka, mencintai mereka dan memberikan ta’dzim yang baik kepada mereka.

Termasuk diantara bentuk cinta kita kepada mereka adalah mempelajari siroh dan biografi mereka. Meneladani kebaikan mereka, sebab merekalah warisan Nabi. Sebab Nabi tidak meninggalkan harta benda, namun meninggalkan para ulama’ yang meneruskan estafet ajaran Islam ini.

Nah, berikut ini beberapa literatur website yang kami rekomendasikan untuk belajar sejarah dan biografi para ulama’. Khususnya adalah ulama’ nusantara yang telah mengharumkan nama bangsa.

Wikipedia

Tak diragukan lagi, wikipedia adalah situs yang mengumpulkan berbagai informasi umum. Bisa dikatakan informasi ‘apapun’ bisa didapatkan dari situs ini. Bahkan saking populernya situs ini, hampir setiap page atau halaman dari wikipedia ada di top page one google.

Situs wikipedia termasuk situs yang terus berkembang sebab melibatkan banyak kontributor di seluruh dunia. Website ini menyediakan 10 bahasa lebih mulai dari bahasa Inggris, Indonesia, hingga bahasa arab.

Jika anda ingin mencari biografi ulama Nusantara maka tinggal mencarinya di wikipedia. Artikelnya selalu update karena semua orang bebas menyunting artikelnya tentunya dengan persetujuan dari pihak wikipedia.

Salikun

Salikun adalah situs islam umum yang membahas banyak bidang keagamaan mulai dari aqidah, fiqih, akhlak dan sejarah.

Pada bagian sejarah ini beberapa biografi ulama’ ditulis dengan mencantumkan beberapa referensi penulis.

Biografi ulama’ yang ditulis pada situs ini memfokuskan pada profil ulama’ dari Nusantara. Mulai dari KH Nawawi al Bantani, ulama’ asal Banten yang menjadi mufti di Makkah hingga beberapa ulama selain jawa yang diakui keilmuannya oleh dunia Islam.

Kumpulanbiografiulama

Sesuai dengan namanya, situs ini khusus membahas sejarah dan biografi ulama. Meskipun tidak menggunakan domain TLD sendiri seperti .com atau .net namun konten biografi di dalamnya terbilang cukup banyak. Khususnya ulama’ dari Indonesia.

https://kumpulanbiografiulama.wordpress.com/ 

Selain itu, banyak Kyai-kyai yang juga dituliskan dalam website ini. Mulai dari biografi KH Arwani Kudus, KH Munawwir Krapyak hingga Syekh Arsyad al Banjari dari Kalimantan Selatan.

Website ini memang sudah lama tidak diupdate lagi oleh penulisnya. Konten terakhir yang diupdate adalah per tanggal 11 November 2015 tentang biografi Kyai Ahmad Sirohj atau dikenal sebagai Mbah Siroj dari Solo.

 

 

Posts created 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas