Ini 2 Medsos Yang Paling Powerfull Untuk Berjualan Online

Pertumbuhan teknologi digital/internet kini sangat pesat sekali. Kemajuan teknologi ini turut mempengaruhi fungsi sebagian platform terpopuler di internet.

Salah satu platform yang terpengaruh adalah media sosial (medsos). Postingan ini akan mengulas 2 platform medsos. Kedua platform ini sangat populer karena penggunanya sangat banyak sekali. Oleh karena itulah 2 platform medsos ini banyak dimanfaatkan orang guna memasarkan produknya secara online.

Media sosial powerfull tersebut yakni:

1. Facebook.

Sebelum tahun 2010an platform Facebook hanya berfungsi sebagai media sosial saja. Sehingga fitur yang ada di medsos ini cuma dirancang untuk mempermudah orang buat berteman di kala itu. Memang sudah ada orang yang berjualan produk secara online di account Facebook personalnya pada saat itu, tetapi jumlahnya belum sebanyak sekarang ini.

Kemudian sekitar tahun 2010 sampai tahun 2015an mulai banyak orang yang manfaatkan fitur fanspage Facebook dalam menjual produknya. Di sisi lain, semenjak tahun 2010an juga mulai bermunculan platform marketplace di Indonesia. Antara lain Bukalapak, Tokopedia, Toko Bagus, serta Berniaga.com (2 e-commerce terakhir ini sudah merger jadi OLX.com).

Setelah itu pertumbuhan bisnis online makin semarak di Indonesia. Nah kayaknya pihak Facebook menyadari tentang pertumbuhan ini. Sehingga semenjak tahun 2016an (jika tidak salah), Facebook membuat fitur baru, yakni “Marketplace”.

Kini makin banyak saja orang yang menggunakan fitur marketplace di Facebook ini buat memasarkan produknya. Ini wajar, sebab Facebook merupakan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Dengan besarnya pengguna Facebook ini, sehingga sangat potensial serta powerfull buat memasarkan suatu produk.

2. Instagram.

Platform media sosial powerfull lainnya buat memasarkan produk yakni Instagram. Dan menariknya Instagram ini ternyata juga kepunyaan bos Facebook (selain WhatsApp). Makanya tidak heran bila pemiliknya kini jadi salah satu orang terkaya di dunia.

Apa yang membuat platform Instagram ini disukai oleh para pebisnis online? Dan apa saja tips sukses jualan online di Instagram?

Salah satu penyebabnya adalah rancangan fiturnya begitu menguntungkan untuk penjual online. Contohnya tampilan gambar produk di Instagram mempunyai visibilitas (keterlibatan) yang sangat baik.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengedit foto produkmu (sebelum di upload). Kamu bebas mengedit foto produkmu, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang maksimal. Setelah hasilnya sempurna, barulah di upload.

Bila fotonya sangat menarik dan gambarnya jelas, itu akan jadi aspek pendukung. Sehingga menarik orang buat membeli produk tersebut. Jadi jangan heran bila kini banyak kalangan industri, pebisnis handal, artis populer, hingga orang biasa yang menggunakan platform Instagram ini dalam memasarkan produknya.

Panduan sukses jualan online.

Dalam berjualan online, kamu wajib menerapkan strategi yang jitu, agar supaya bisnis onlinemu dapat sukses. Metode terbaik agar sukses berjualan online antara lain; pelayanan yang ramah, fast respon, dan selalu up to date dengan produk terkini.

Dan fast respon dalam melayani pelanggan adalah faktor penting yang harus selalu diperhatikan. Yaitu cepat dalam menanggapi tiap persoalan transaksi, ataupun cepat dalam pengiriman produk. Bisa jadi perihal ini banyak disepelekan oleh sebagian pebisnis online. Padahal efeknya sangat besar sekali. Banyak kejadian gara-gara telat menanggapi pembeli, membuat mereka berpaling ke toko online yang lain.

Tips sukses lainnya yaitu menetapkan harga produk yang murah dan reasonable.

Apa artinya?

Yaitu tetapkanlah harga banderol yang relatif lebih murah dari toko online lain, tetapi jangan pula sangat murah sekali, sehingga menjatuhkan harga pasaran. Tentu ini dapat merugikan bisnis kamu sendiri dalam jangka panjang.

Bila ada pedagang online lain menjual produknya dengan harga terlalu rendah, jangan di ikuti. Lebih baik kamu tetapkan harga yang murah dan masuk akal, plus diiringi dengan pelayanan yang memuaskan. Inilah metode yang terbaik.

Jadi medsos mana yang akan kamu pilih untuk berjualan online? Facebook atau Instagram?

Demikianlah artikel tentang 2 medsos yang paling powerfull untuk berjualan online. Mudah-mudahan bermanfaat.

Posts created 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas