7 Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Tidak dipungkiri bahwa mencari nafkah itu adalah tugas suami. Tetapi tentu tidak ada salahnya bagi seorang istri yang sebagai ibu rumah tangga juga berikhtiar untuk mencari uang tambahan.

Lagi pula seorang ibu rumah tangga bisa mencari uang tambahan dirumah tanpa harus mengganggu fungsinya sebagai seorang istri dan ibu.

Banyak sekali jenis usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga.

Ada beberapa jenis usaha rumahan yang cukup berat, dan ada pula jenis usaha lainnya yang terbilang ringan untuk dikerjakan. Tentunya ada bebas untuk memilih jenis usaha mana yang paling memungkinkan untuk anda kerjakan. Semuanya tentu juga tergantung dengan kondisi keuangan Anda.

Apa maksudnya?

Jadi jika kondisi keuangan suami anda sedang baik-baik dan tidak ada kebutuhan yang mendesak, maka Anda bisa memilih usaha sampingan rumah tangga yang ringan-ringan saja. Artinya kegiatan usaha rumahan anda itu hanya sekedar untuk pengisi waktu luang dan buat nambah-nambah uang jajan. Beberapa jenis usaha rumahan yang ringan ini antara lain menjadi penulis online, menjadi reseller toko online, menjadi blogger, YouTuber, dll.

Tetapi apabila memang kondisi keuangan sedang sulit dan pendapatan suami tergolong pas-pasan, maka mungkin anda sebagai seorang ibu rumah tangga memang harus rela untuk bekerja sedikit keras. Tentu kerasnya usaha ini juga akan berbanding lurus dengan penghasilan yang akan Anda dapatkan. Karena anda mengerjakannya dengan serius, maka anda akan bisa menghasilkan pendapatan relatif lebih besar ketimbang orang yang menjalani usaha rumahan sebagai pengisi waktu luang saja.

 

7 Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga
Ilustrasi Penghasilan Usaha Rumahan

Beberapa jenis usaha rumahan yang memerlukan tenaga ekstra ini antara lain adalah; buka usaha jasa laundry dan seterika, buka usaha catering rumahan, jualan kue buatan sendiri, membuat dan menjual kerajinan tangan, dll.

Agar pembahasan terperinci, maka saya akan menguraikan semua jenis usaha rumahan tersebut dibawah ini:

1. Membuka usaha catering rumahan.

Jenis usaha rumahan yang satu ini termasuk pekerjaan yang berat dan butuh tenaga ekstra untuk melakukannya. Oleh karena itulah seperti yang telah saya sebutkan di atas, bahwa usaha catering ini cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang memang serius ingin mendapatkan uang penghasilan tambahan.

Usaha catering ini tergolong berat karena memang anda akan sangat sibuk jika ingin buka usaha ini. Anda akan memulai pekerjaan ini di saat pagi buta, yaitu membeli semua perlengkapan bahan dan bumbu masak ke pasar.

Setelah perlengkapan memasak anda beli, maka pekerjaan selanjutnya anda mengolah dan memasak semua bahan dan bumbu tersebut. Setelah matang, maka tugas selanjutnya adalah mengemasnya dalam bentuk paket/box nasi bungkus. Setelah itu barulah menjual nasi catering itu kepada langganan anda.

Semua pekerjaan diatas benar-benar akan menguras tenaga anda. Namun jika semua nasi catering anda laku terjual, maka semua kelelahan anda itu akan terbayar, sebab keuntungannya terbilang lumayan.

2. Buka usaha laundry dan jasa seterika.

Jenis usaha rumahan yang satu ini juga setali tiga uang dengan poin nomor 1 diatas. Artinya usaha jasa laundry dan seterika ini juga membutuhkan tenaga ekstra untuk mengerjakannya.

Oleh karena itu, jika tidak memungkinkan bagi anda untuk mengerjakan usaha ini sendiri, maka Anda bisa merekrut seorang karyawan untuk membantu pekerjaan Anda.

3. Jualan kue buatan sendiri.

Ini termasuk jenis usaha rumahan lainnya yang cukup menjanjikan. Jika anda punya keahlian dalam membuat kue, maka usaha rumahan yang satu ini bisa Anda coba.

Kue buatan sendiri biasanya punya ciri khas dan rasanya akan berbeda daripada kue buatan pabrik. Oleh karena itu, bila anda ahli dalam membuat kue, maka anda akan berpeluang untuk mendapatkan pembeli dan pelanggan setia.

4. Membuka usaha kerajinan tangan.

Jenis usaha rumahan yang satu ini juga punya ciri khas tersendiri. Yang namanya hasil kerajinan tangan tentunya unik dan berbeda daripada barang hasil produksi dari pabrikan.

Barang pabrikan biasa sudah bersifat pasaran dan nilai estetikanya terbilang minim. Berbeda sekali dengan kerajinan tangan yang biasanya dibuat pakai rasa (taste) tersendiri. Sehingga punya keunikan yang tidak dimiliki oleh produk pasaran lainnya.

Dengan nilai estetika dan taste yang tinggi tersebut, maka anda berpeluang untuk mendapatkan pembeli dan pelanggan yang bersedia untuk memberikan nilai lebih untuk hasil karya tangan anda tersebut.

5. Menjadi penulis online.

Nah, jika poin nomor 1 hingga 4 diatas tergolong pekerjaan yang berat, maka usaha rumahan menjadi penulis online ini relatif lebih ringan untuk dikerjakan.

Dikatakan lebih ringan, karena memang tidak membutuhkan tenaga ekstra yang menguras tenaga untuk menjadi penulis ini. Yang anda perlukan adalah keterampilan dalam menulis dan fokus dalam mengerjakannya.

Usaha rumahan penulis online ini hasilnya cukup lumayan sebagai penghasilan tambahan. Seorang penulis online yang aktif ada yang mampu menghasilkan pendapatan 1 hingga 3 juta perbulan dari keterampilan menulisnya tersebut.

6. Menjadi reseller toko online.

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini jika cukup ringan untuk dikerjakan.

Kenapa ringan?

Karena tugas anda hanyalah memasarkan ulang produk milik orang lain. Anda tinggal save fotonya, kemudian copas deskripsi produknya, setelah itu unggah ditoko online atau media sosial milik anda. Tentunya harga banderol anda lebihkan sedikit dari harga aslinya, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari produk tersebut.

Jika kemudian anda pembeli yang berminat dengan produk yang anda unggah tersebut, maka anda tinggal memberitahu kepada pemilik produk (seller) tangan pertama. Kemudian anda mentransfer sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik produk.

Setelah itu seller pertama akan mengirim produk itu atas nama anda. Seperti itulah proses menjadi reseller.

7. Menjadi Blogger dan YouTuber.

Nah bagian terakhir ini termasuk usaha sampingan rumahan yang relatif mudah untuk dikerjakan.

Jenis usaha ini dikategorikan mudah karena biasanya dikerjakan karena faktor hobi saja. Jika pun kemudian ternyata blog dan channel YouTubenya berkembang pesat sehingga mampu menghasikan passive income, maka biasanya hasil itu hanya dianggap sebagai bonus saja.

Demikianlah 7 contoh usaha rumahan yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Posts created 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas