TIPS MEMILIH LAYANAN WEB HOSTING YANG TEPAT

Seiring dengan berkembangnya dunia maya saat ini, maka semakin banyak pula orang yang menggunakan internet untuk mengakses informasi. Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna internet terbanyak.

Perkembangan inilah yang mendorong banyak orang untuk mulai mendalami cara pembuatan website. Website dapat digunakan untuk kepentingan pribadi dan juga dapat digunakan untuk kepentingan bisnis. Untuk membuat suatu website dapat tampil dan diakses secara online melalui internet dibutuhkan beberapa faktor pendukung. Salah satu faktor pendukung Agar suatu website dapat diakses secara online melalui internet adalah web hosting.

Posting merupakan jasa penyimpanan data-data website. Jadi data-data website seperti artikel, gambar, audio dan video serta jenis file lainnya disimpan dalam server yang disediakan oleh penyedia jasa web hosting. Webhosting inilah yang nantinya akan menampilkan website anda di jaringan internet. Hosting tidak hanya digunakan oleh website website perusahaan besar tetapi juga oleh website dengan tujuan pribadi.

Anda dapat memilih untuk menggunakan hosting gratis ataupun hosting berbayar. Namun perlu Anda ketahui, hosting gratis tentunya Memiliki keterbatasan-keterbatasan jika dibandingkan dengan hosting berbayar. Sebagai contoh, hosting gratis memiliki ruang penyimpanan yang sangat terbatas. Hosting berbayar juga biasanya diikuti dengan fasilitas-fasilitas yang akan memudahkan anda ada dalam mengelola website anda. Jadi jika anda memutuskan untuk menggunakan hosting gratis, Anda harus bersabar dengan kapasitas yang kecil, waktu akses yang lambat dan fitur-fitur yang tidak selengkap hosting berbayar.

Jika anda berniat untuk membeli web hosting, maka anda harus memaham beberapa faktor penting dalam hosting terlebih dahulu, yakni:
1. Bandwidth
Bandwidth adalah jumlah data yang dapat dikirim oleh suatu website dalam jangka waktu tertentu. Bandwidth sangat erat kaitannya dengan kecepatan website, semakin besar bandwidthnya maka akan semakin cepat pula website tersebut.
2. Uptime
Uptime adalah jumlah waktu di mana provider web hosting telah melakukan melayani hosting tanpa masalah.
3. Layanan pemograman
Layanan pemograman ditujukan untuk membantu para pengembang website untuk membuat halaman website menggunakan bahasa pemograman seperti HTML, ASP, PHP dan sebagainya.
4. Ruang penyimpanan.
Ruang penyimpanan dibutuhkan untuk menyimpan data-data website seperti tesk, gambar, video dan lain-lain. Semakin besar ruang penyimpanan maka semakin banyak pula data yang bisa Anda simpan. Besarnya ruang penyimpanan dihitung dengan satuan megabyte.
5. Customer service
Customer service merupakan layanan yang sangat penting bagi klien penyedia Web hosting. Anda dapat menghubungi customer service jika website anda mengalami masalah teknis. Biasanya layanan customer service disajikan dalam bentuk Chat, telepon, email dan lain-lain.

Itu dia beberapa faktor penting dari web hosting yang perlu Anda pahami agar Anda dapat terhindar dari kerugian

Posts created 33

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas