Kontraktor Perlu Mengantongi SMK3 Untuk Proyek Pemerintah

Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan semuanya memperkerjakan begitu banyak tenaga kerja. Kita bisa melihat setiap hari ada proyek-proyek pembangunan yang dikerjakan secara padat karya dimana melibatkan kita banyak tenaga kerja untuk membangun proyek tersebut. Tentunya menjadi pemikiran bagi kita bagaimana jaminan keselamatan bagi para pekerja yang bekerja di lokasi-lokasi konstruksi seperti ini.

Mereka setiap hari harus bekerja di sekitar peralatan berat dan juga berada di ketinggian. Tentunya ini memberikan resiko kerja yang sangat besar kepada setiap orang yang membangun proyek-proyek tersebut. Apakah semua tenaga kerja ini sudah mendapatkan pelatihan yang memadai tentang bagaimana cara melakukan setiap proyek dengan aman. Karena jikalau tidak demikian maka bisa saja terjadi kecelakaan kerja yang sangat fatal.

Oleh karena itu pemerintah sebagai pengguna layanan dari kontraktor-kontraktor ini tentunya harus memastikan bahwa semua kontraktor ini memenuhi standar dalam melakukan pembangunan. Untuk memastikan itu maka pemerintah menerapkan sistem SMK3. SMK3 atas sebuah sistem sertifikasi manajemen keselamatan dan kesehatan kerja diadakan untuk membantu pemerintah mengawasi semua kontraktor yang ada di negeri ini.

Jadi sebuah perusahaan yang berharap bisa mendapatkan tender dari pemerintah harus mengantongi sebuah sertifikat SMK3 ini. Sertifikat SMK3 depnaker akan menjadi sebuah sinyalemen kepada departemen tenaga kerja atau depnaker untuk mempertimbangkan hal ini dalam pengambilan keputusan. Jika sebuah perusahaan konstruksi sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam hal SMK3 ini maka tentunya perusahaan tersebut akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan proyek-proyek yang mereka inginkan.

Oleh karena itu ada banyak sekali perusahaan yang berusaha mendaftarkan diri mereka ke dalam proses penilaian untuk mendapatkan sertifikat SMK3 ini. Mereka menghubungi lembaga sertifikasi ataupun lembaga audit SMK3 yang terdekat untuk menjadwalkan audit penilaian sertifikat SMK3 ini. Sertifikat SMK3 ini akan memastikan bahwa setiap orang bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

Tentunya hal ini akan membawa manfaat bagi pemilik jasa kontraktor di mana mereka tidak perlu lagi khawatir bahwa para pekerja mereka akan bekerja secara serampangan. Hal itu dikarenakan semua pekerjaan mereka sudah akan melalui proses pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja sebelum terjun kelapangan.

Posts created 29

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas