Pentingnya Sertifikasi ISO Pada Sebuah Perusahaan

Saat ini di indonesia sudah ada banyak badan sertifikasi ISO yang bisa membantu perusahaan perusahaan yang berminat untuk mendapatkan sertifikasi ini. Sertifikat ISO ini sangat beragam sekali. Akan ada sertifikat ISO yang berbeda untuk jenis perusahaan ataupun kepentingan yang berbeda. Sertifikat- sertifikat ISO ini bisa menjadi jaminan bahwa suatu perusahaan sudah memenuhi suatu proses berdasarkan standar internasional.

Sertifikat ini bukan hanya berlaku untuk produk barang saja. Sertifikat ini juga berlaku untuk penyedia layanan jasa ataupun kesehatan. Bahkan ada sertifikat ISO untuk lingkungan hidup. Jadi seringkali perusahaan perusahaan berusaha untuk mendapatkan sertifikat ISO yang bisa mempengaruhi image dari perusahaan tersebut. Tentunya yang dimaksud di sini adalah pengaruh positif terhadap image perusahaan tersebut.

Misalnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri makanan. Biasanya perusahaan-perusahaan seperti ini akan berusaha untuk mendapatkan ISO 22000. Hari itu dikarenakan ISO 22000 merupakan standar sistem manajemen keamanan pangan. Jadi ISO 22000 akan mempermudah perusahaan yang bergerak di bidang pangan tersebut untuk memasarkan produknya. Karena masyarakat akan merasa terjamin perihal proses produksi bahan makanan dari perusahaan tersebut.

Perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk mendapatkan sertifikat ISO ini bisa menghubungi badan sertifikasi ISO. badan sertifikasi ini yang akan melakukan audit untuk menentukan apakah perusahaan-perusahaan tersebut bisa mendapatkan sertifikat ISO atau tidak. badan-badan ini sudah mendapatkan training ataupun pelatihan tentang prosedur cara penilaian standar standar ISO di berbagai industri.

Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sertifikat ISO ini tentunya harus menyediakan dana untuk membiayai proses sertifikasi ini. Biaya-biaya ini akan dipergunakan untuk tim audit dan proses sertifikasi yang terjadi perusahaan tersebut. Adapun proses dari audit sertifikasi ISO ini bisa berlangsung untuk beberapa hari.

Jasa sertifikasi ISO akan melakukan proses dokumentasi terhadap semua prosedur-prosedur yang dilakukan di dalam perusahaan. Hasil dari proses dokumentasi ini selanjutnya akan melalui proses penilaian untuk menentukan apakah perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO atau tidak. Jika ternyata semua prosedur wajib sudah dilakukan oleh perusahaan anda maka tentunya perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO ini. Namun untuk perusahaan-perusahaan yang belum memenuhi standar prosedur internasional ini; tentunya harus melakukan beberapa perbaikan sebelum bisa mendapatkan sertifikat ISO ini.

Sertifikat ISO ini sangat beragam. Ada sertifikat ISO yang merupakan jaminan sistem manajemen mutu. Namun ada juga sertifikasi ISO yang lebih terkait dengan jaminan keamanan terhadap terorisme. Setiap perusahaan atau industri akan memerlukan sertifikat ISO yang sesuai dengan bidangnya.

Posts created 18

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas