1 Juz berapa Halaman? Ini Jawabannya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa al quran selain terbagi-bagi kepada surat dan ayat juga dibagi kepada juz yang jumlahnya ada 30.

Di dalam satu juz berisi satu hingga beberapa surat tergantung panjang atau pendeknya surat. Bahkan ada 1 surat dibagi kepada beberapa juz karena panjangnya surat tersebut. Jadi bukan jumlah surat yang menentukan juz, tetapi panjang pendeknya ayat.

Namun yang jadi pertanyaan adalah satu juz itu berapa halaman? Berikut kami berikan jawabannya.

Baca juga: Teks bacaan surat yasin full 83 ayat, lengkap dengan arab, latin, dan juga terjemahan berbahasa Indonesia.

1 Juz berapa Halaman?

Ada dua versi jumlah halaman dalam satu juz, yang mempengaruhinya yaitu terbitan / mushaf yang berbeda.

1. Terdapat 18 halaman di dalam 1 juz pada mushaf terbitan DEPAG (departemen agama).

2. Terdapat 20 halaman di dalam 1 juz pada mushaf terbitan Beirut dan Timur Tengah lainnya.

Info: Ini halaman ya, bukan lembar. Jadi kalau dihitung lembar jadi berapa lembar? Tinggal di bagi dua saja.

Apa yang menyebabkan dua mushaf diatas berbeda jumlah halamannya di dalam satu juz? Jawabannya yaitu akhir dari setiap halaman.

Mushaf terbitan Timur Tengah biasanya akhir halaman adalah akhir ayat (mungkin agar rapih dan lebih enak bacanya), makanya quran terbitan ini sering disebut Quran pojok.

sedangkan mushaf terbitan DEPAG tidak demikian, setiap akhir halamannya tidak selalu akhir ayat bahkan seringnya bukan akhir ayat.

Jadi jika ingin mengetahui quran ini quran terbitan mana, lihat saja akhir halamannya. Quran terbitan DEPAG biasanya yang sering kita lihat di mushola mushola atau masjid masjid di sekitar kita.

 

Baca juga: Faedah Surat Yasin, Allah hanya katakan “Kun Fayakun” maka Jadilah!

Itulah sedikit informasi tentang pertanyaan 1 juz berapa halaman. Mudah-mudahan bermanfaat bagi siapa saja yang membaca artikel ini. Silahkan share artikel ini di media sosial, mari kita berbagi kebaikan.

Info: Artikel ini bersumber dari halaman dengan judul “1 juz itu 9 atau 10 lembar?”. Kemudian saya tulis kembali disini versi halamannya. Link sumber: http://onedayonejuz.org/post/detail/1-juz-itu-9-atau-10-lembar

Terimakasih telah membaca artikel di blog kami. Penulis mengajak kepada pembaca marilah kita biasakan untuk membaca al quran setiap hari minimal 1x diluar shalat wajib kita. Mudah-mudahan Allah SWT memberi kita ganjaran kebaikan dan manfaatnya.

Posts created 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas