Pentingkah Belajar SEO Untuk Bisnis Online?

Ada banyak sekali orang yang bingung kenapa website bisnis online mereka sepi. Awalnya mereka mengira cukup dengan membuat website saja, maka bisnis online mereka akan mulai berjalan. Namun ternyata setelah websitenya jadi tidak ada seorang pun yang datang ke website mereka.

Jadi bagi anda yang baru membuat website bisnis online anda, maka anda harus mengetahui bahwa website anda itu tidak ada ubahnya dengan sebuah toko. Tidak ada gunanya toko anda itu jika tidak ada yang mampir ke dalamnya. Jadi anda harus memikirkan apa yang harus anda lakukan untuk membuat website anda mulai mendapatkan kunjungan.

Hal yang paling pertama perlu anda ketahui adalah dari mana sumber trafik untuk website itu bisa diperoleh. Saat ini ada tiga sumber trafik yang paling populer di internet:

Membangun popularitas di sosial media

Beriklan di internet via Google atau Facebook

Melakukan optimasi SEO untuk website.

Ada juga yang mempromosikan websitenya secara offline dengan membagikan selebaran dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat Bisnis Online anda mendapatkan pengunjung. Tapi di dalam artikel ini saya hanya akan membahas masalah penggunaan SEO untuk bisnis online anda.

APA ITU SEO?

SEO adalah sekumpulan teknik yang bisa anda lakukan untuk membuat website anda ranking di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Tentunya tingkat kesulitan untuk melakukan ini sangat bervariasi tergantung dari persaingan yang dihadapi.

Jika anda menghadapi persaingan yang sangat ringan. Mungkin hanya dengan membuat website saja sudah cukup untuk membuat anda ranking. Namun bagi mereka yang menghadapi persaingan yang berat, maka ada banyak hal yang harus mereka lakukan untuk membuat Google memilih website mereka.

Untuk itu anda harus mengenal hal-hal dasar yang menjadi faktor di dalam SEO.

Jika anda mau belajar melakukan optimasi di website anda, maka anda harus mengenal 3 istilah, yaitu:

  • Kata kunci
  • Optimasi On-page
  • Optimasi Off-page

Kata Kunci

Apa yang dimaksud dengan kata kunci? Kata kunci ini adalah segala sesuatu yang diketikkan oleh pengguna Google untuk mendapatkan halaman yang mereka butuhkan. Misalnya anda sedang mencari sebuah laptop, mungkin anda akan mengetikkan di Google “Laptop terbaik harga di bawah 5 juta”….

Nah kata-kata kunci ini yang kemudian akan menjadi target pemilik website untuk dimenangkan. Pemilik website ingin agar websitenya ranking pada saat kata kunci tertentu diketikkan di dalam Google. Jadi mereka akan mengoptimasi SEO websitenya untuk memenuhi standar dari Google untuk kata kunci itu.

Tapi sebelum melakukan optimasi hal yang paling umum dilakukan orang adalah riset kata kunci. Optimasi anda akan semakin lancar jika anda bisa melakukan riset kata kunci di awal. Riset ini akan mengumpulkan banyak kata kunci yang akan anda optimasi, jadi anda tidak pusing lagi memikirkan rencana optimasi anda ke depannya.

SEO ON-PAGE

SEO On-page adalah semua usaha yang anda lakukan di halaman website anda untuk membuat website anda memenuhi kriteria yang dituntut Google untuk setiap kata kunci. Anda perlu mengetahui bahwa tuntutan untuk setiap kata kunci bisa berbeda satu sama lain. Misalnya untuk kata kunci JUAL HP SAMSUNG TERBARU, biasanya akan menampilkan halaman-halaman toko online dan bukannya halaman blog.

Untuk kata kunci yang berat juga akan menuntut reputasi website yang lebih besar. Misalnya jumlah halaman yang lebih banyak, dan kelengkapan artikel yang lebih berkualitas. Jarang sekali website asal jadi yang bisa masuk ke halaman pertama Google untuk persaingan menengah hingga berat.

Optimasi SEO on-page ini akan menuntut anda untuk memperhatikan bagaimana penggunaan kata kunci di dalam halaman anda. Jika anda tidak bisa membuat artikel yang membuat pengunjung anda merasa puas atau bahkan sulit dikenali oleh Google, maka anda akan sulit untuk melakukan optimasi SEO.

Anda perlu belajar SEO secara mendetil untuk bisa melakukan ini. Saya merekomendasikan anda untuk mengunjungi website kepointernet dan mencoba membaca panduan BELAJAR SEO yang ada di website tersebut.

Belajar SEO adalah proses yang panjang dan mungkin akan memakan waktu beberapa bulan, karena memang tidak ada kesuksesan yang instant. Jadi anda bisa mengikuti panduan yang ada di website yang saya rekomendasikan di atas. Tapi kalau anda mau belajar SEO dalam panduan internasional, maka anda bisa mencoba website berbahasa inggris seperti Moz SEO Tutorial. Moz adalah salah satu website yang memberikan panduan SEO yang terkini dan paling populer di seluruh dunia.

Bukan hanya kualitas konten saja yang mempengaruhi trust Google, namun frekuensi update artikel yang anda lakukan bisa menaikkan reputasi dari website anda. Masalahnya sudah jelas karena website yang berkualitas rendah itu biasanya jarang melakukan update, atau bahkan tidak pernah melakukan update. Kalaupun mereka update biasanya kontennya adalah hasil copas dari website lain.

Kalau anda membutuhkan bantuan dalam melakukan posting, maka pada saat ini ada beberapa layanan jasa penulisan artikel yang bisa membantu anda. Layanan jasa penulisan artikel ini mempunyai harga yang bervariasi, namun pada umumnya harganya cukup masuk akal. Jika anda merasa membutuhkan jasa penulisan artikel, maka saya merekomendasikan jasa penulisan artikel dari writerpas.

SEO Off-page

Nah kita sampai ke bagian optimasi yang paling sulit. Di sini kita harus meningkatkan popularitas website kita sehingga kita bisa mendapatkan sesuatu yang disebut sebagai backlink. Yang dimaksud dengan SEO Of-page adalah segala sesuatu yang kita lakukan untuk menaikkan peringkat halaman kita tapi bukan dengan mengedit halaman. SEO lebih diarahkan untuk menaikkan popularitas website.

Adapun backlink yang didapatkan adalah tautan yang terpasang di website lain yang jika diklik akan membuat website kita ini terbuka. Singkatkan kata, semakin banyak backlink itu berarti semakin banyak yang merekomendasikan website kita. Ini yang membuat Google menjadikan backlink menjadi salah satu faktor SEO yang paling penting.

Masalahnya adalah bukan hal yang mudah untuk mendapatkan backlink dari website-website yang berada di niche anda. Anda harus mempunyai website yang dikelola dengan sangat baik dan mungkin juga memerlukan biaya promosi yang cukup besar. Makanya SEO Offpage sering menjadi masalah terbesar di dalam optimasi.

Ini yang membuat ada banyak orang yang menggunakan jasa backlink. Jasa backlink ini pada umumnya adalah jasa backlink yang sudah cukup lama bertahan di dunia SEO. Jika anda tertarik untuk menggunakan layanan jasa backlink, maka lebih direkomendasikan untuk menggunakan layanan jasa backlink PBN. Untuk layanan jasa backlink PBN saya juga masih merekomendasikan layanan jasa backlink dari kepointernet.

Jasa backlink ini sudah melayani banyak sekali pemasangan backlink dan sampai saat ini belum ada yang terkena penalti. Jika anda tertarik untuk menggunakan layanan jasa backlink, maka ini adalah salah satu pilihan yang saya rekomendasikan.

Tapi kalau anda mau mencari sendiri, maka di dalam materi belajar SEO yang tersedia di website tersebut juga ada panduan untuk melakukan sendiri pencarian backlink anda.

Semuanya ini adalah hal-hal dasar yang anda perlukan jika anda ingin melakukan optimasi SEO pada website bisnis online anda. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda mendapatkan trafik yang anda butuhkan untuk website anda.

 

Posts created 33

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas