Pengertian Pantun Menurut Wiki Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Pantun –  Apa sih yang dimaksud dengan pantun?  Saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan apa yang dinamakan dengan pantun, pantun yaitu sebuah jenis karya puisi, yang di dalam puisi tersebut mempunyai 4 baris dan juga mempunyai irama a b a b yang terletak pada akhir kalimat, sebenarnya ada banyak sekali yang membahas tentang pantun ini, ada pula dari Wikipedia dan juga para ahli, namun pada dasarnya secara umum pantun mempunyai makna yang tidak berbeda, tetapi ada sebagian Perbedaan kecil tentang pendapat tersebut.

 Jika kita lihat dasar dari pantun berasal dari kosakata puisi lama, untuk masalah jenis pantun ada banyak sekali seperti contohnya, pantun islami, pantun pendidikan, pantun kocak kata lucu, pantun teka-teki dan masih banyak lainnya, memang banyak sekali jenis pantun tersebut namun harus mengikuti struktur dan syarat tertentu agar puisi yang dimaksudkan dapat masuk dalam kategori pantun.

 Nah untuk menjawab dan isi dari artikel ini yaitu membahas mengenai pantun menurut Wikipedia dan juga banyak sekali para ahli mengungkapkan mengenai pantun, Baiklah langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Pantun Menurut Wiki Dan Menurut Para Ahli
Pantun Menurut Wiki Dan Menurut Para Ahli

 Pantun menurut Wiki dan para ahli

 berikut ini saya Jelaskan mengenai Apa yang dimaksud pantun dan maknanya secara lengkap sesuai dengan penjelasan yang disampaikan oleh para ahli.

1.  Pantun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

 penjelasan mengenai pantun di dalam buku besar bahasa Indonesia yaitu adalah bentuk puisi dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Melayu yang pada setiap baitnya memiliki 4 baris kata dan memiliki sajak ab ab, pada setiap larik biasanya terdiri dari 4 Kata utama, pada baris pertama dan kedua seringkali diisi dengan kata sampiran, dan untuk baris ketiga dan keempat biasanya diisi dengan isi atau juga tujuan dari puisi tersebut.

2.  Pantun menurut website terbesar yaitu Wikipedia

 berbeda lagi pantun menurut KBBI dan Wikipedia namun menurut saya tujuannya hampir sama, menurut Wikipedia pantun yaitu salah satu jenis puisi lama yang mempunyai bahasan bahasa nusantara,, untuk asal mula kata pantun yaitu berasal dari kata patuntun, patuntun dapat diartikan sebagai panutan, patuntun sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya parikan, jika dalam bahasa Sunda sangat dikenal dengan arti paparikan,  dan juga dalam bahasa Batak sering dikenal dengan kata Umpasa.

3.  Pantun menurut R.O Winsted

 pantun menurut para ahli yaitu sebuah kata yang tidak hanya sebatas gubahan dan juga Irama irama, namun Pantun merupakan sebuah rangkaian kata-kata yang sangat indah untuk menggambarkan suatu kehangatan cinta, keseriusan kata-kata dalam cinta, dan juga mengungkapkan rasa rindu atau kasih sayang yang sangat mendalam.

4.  Pantun menurut Sunarti

 menurut Sunarti sendiri pantun yaitu sebuah bentuk kata atau puisi lama yang mempunyai keindahan tersendiri dari segi larikan atau juga bahasanya, keindahan yang dimiliki yaitu dalam mengungkapkan dan juga Irama yang terdiri dari ab ab.

5.  Menurut surana

 pantun sendiri menurut surana yaitu suatu puisi lama yang memiliki larikan empat, dan memiliki irama a b a b, untuk larik pertama dan kedua sering disebut dengan sampiran, atau juga sering disebut dengan objektif, dalam larik pertama dan kedua biasanya menggambarkan dari maksud larik ketiga dan keempat, untuk larik ketiga dan keempat biasanya dinamakan isi atau subjektif.

 Baiklah sobat demikian beberapa penjelasan mengenai pantun dari para ahlinya ahli, dan juga website terbesar di dunia dan di Indonesia yaitu Wikipedia dan KBBI, Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat dan juga dapat diambil hikmahnya, semoga apa yang saya bagikan menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan untuk anda.

 Terima kasih sudah mampir di website yang sederhana ini, Silakan cari artikel lainnya yang pasti bermanfaat untuk anda, sampai jumpa pada artikel kita selanjutnya.

Posts created 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas